TUGU TRIKORA AMBON DI JANTUNG KOTA AMBON MANISE

Tugu Trikora AmbonTugu Trikora Ambon

Tugu Trikora Ambon terletak di jantung Kota Ambon Manise yang merupakan pertemuan 4 (empat) Jalan Raya yaitu JL. A.M. Sangaji. JL. Diponegoro. JL. Dr. Soetomo dan Jl. Said Perintah.  Untuk mempercantik Tugu Trikora Ambon, pemerintah Kota Ambon memasang lampu berwarna-warni untuk menghiasi tugu yang mempunyai makna sejarah ini.

Dari Tugu Trikora ke jalan AM Sangaji akan berujung pada Port of Ambon. Di Ambon, Orang sering menyebutnya Pelabuhan Besar sedangkan pelabuhan kecil (Pelabuhan Slamet Ryadi) terletak di belakang kota. Sebelum berujung di Pelabuhan Besar, sebelah kiri jalan terdapat Masjid Raya Al Fatah yang menjadi kebanggaan masyarakat Ambon.

Dekat Tugu Trikora terdapat sebuah Gedung Gereja GPM (Gereja Protestan Maluku) Jemaat Silo yang telah direhabilitasi.

tugu-trikora-1

Dari Tugu Trikora Ambon menuju ke Jalan Diponegoro akan berujung pada Markas Kodam XVI Pattimura. Sebelum tiba di Markas Kodam Pattimura, sebelah kanan jalan terdapat Hotel Amaris, menyatu dengan KFC (Kentucky Fried Chicken)  dan di depannya terdapat Kompleks Sekolah Kristen Urimessing.  Dekat Markas Kodam XVI Pattimura terdapat Kantor Bank BRI, bila jalan terus akan memasuki Lokasi Daerah Batu Gajah.

 

tugu-trikora-2

Trikora adalah singkatan dari Tri Komando Rakyat.  Operasi Trikora merupakan suatu perjuangan selama 2 tahun yang dilakukan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua bagian barat. Pada tanggal 19 Desember 1961, Soekarno (Presiden Indonesia) mengumumkan pelaksanaan Trikora di Alun-alun Utara Yogyakarta.

Soekarno juga membentuk Komando Mandala. Pada saat itu Mayor Jenderal Soeharto diangkat sebagai panglima. Tugas komando ini adalah merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Papua bagian barat dengan Indonesia. Dalam pelaksanaan operasi tersebut Kota Ambon merupakan salah satu tempat markas pasukan karena letaknya yang dekat dengan Papua.

 

tugu-trikora

Be the first to comment on "TUGU TRIKORA AMBON DI JANTUNG KOTA AMBON MANISE"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*