TUAN RUMAH MALUKU MENJADI JUARA UMUM PESPARAWI XI AMBON

pesparawi xi maluku

Kontingen Tuan Rumah Provinsi Maluku menjadi Juara Umum menggeserkan Papua Barat dalam Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XI yang diikuti 34 kontingen dari seluruh Indonesia yang digelar sejak 3-10 Oktober 2015, di Ambon, Maluku.
Kontingen Maluku keluar sebagai juara umum setelah meraih gelar “champion” dalam tiga kategori lomba dari 12 kategori yang diperlombakan.

Tiga kategori lomba yang dimenangkan kontingen Maluku itu yakni kategori

  1. Solo anak usia 7-9,
  2. Paduan suara pria dan
  3. Musik pop etnik.

Sedangkan kontingen dari Papua Barat :

  1. Solo anak usia 10-13 tahun,
  2. Paduan suara wanita dan
  3. Paduan suara remaja pemuda.

Namun secara akumulatif, kontingen Maluku unggul dalam selisih poin.

Setelah Kontingen Maluku dan Papua Barat adalah kontingen DKI Jakarta dengan meraih dua kategori yakni pada kategori vokal grup dan solo remaja putri.

Dalam kesempatan itu diumumkan pula tuan rumah Pesparawi tingkat Nasional ke-12 yakni Kalimantan Barat. Kalimantan Barat ditetapkan sebagai tuan rumah Pesparawi Nasional tiga tahun mendatang, setelah melalui voting oleh seluruh peserta dalam seminar Pesparawi di Kristiani Centre Jumat, 09 Oktober 2015.

Selain Provinsi MalukuĀ  dan Provinsi Papua Barat, Provinsi DKI Jakarta merajai kategori solo remaja Putri, sementara Kategori Solo remaja Putra diraih oleh Provinsi Bengkulu. Provinsi DKI juga menjuarai kategori vocal group dan Provinsi Sulawesi Utara menguasai kategori paduan suara dewasa Campuran. Sedangkan kategori musik etnik, tidak satu pun peserta yang ditetapkan sebagai juara. Sedangkan kategori musik etnik, tidak satu pun peserta yang ditetapkan sebagai juara.

 

IMG_20151014_152237

IMG_20151014_152236

Pesparawi 2015 Ambon yang berakhir Sabtu 10 Oktober 2015, ditutup oleh Menristekdikti Muhammad Nasir di Stadion Mandala Karang Panjang, Ambon.

Pesparawi nasional diikuti peserta dari 34 provinsi dan dibuka Presiden Joko Widodo pada 6 Oktober 2015, telah berdampak lebih memantapkan dan menguatkan hubungan kerukunan antarumat beragama di Tanah Air. Pesparawi XI dilaksanakan bertepatan dengan Tahun Mangente Ambon 2015.

Menristek dikti hadir menggantikan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mengatakan, sukses penyelenggaraan Pesparawi di Ambon memiliki makna ganda karena selain untuk mempererat hubungan antarumat Kristiani juga terbukti menjadi wadah meningkatkan hubungan antarseluruh umat beragama di Tanah Air.

IMG_20151014_152215

Pesparawi nasional ini tidak hanya mempererat hubungan umat Kristiani, tetapi kerukunan dan persaudaraan antarumat beragama secara keseluruhan di Indonesia. Pesparawi menjadi wadah pembelajaran bagi seluruh komponen masyarakat.

Penutupan Pesparawi Nasional di stadion Mandala Remaja kawasan Karang Panjang Ambon tersebut, diwarnai pesta kembang api selama hampir satu jam.

IMG_20151014_152231

Selain itu, tarian kolosal yang dibawakan 500 siswa SMP, SMA dan SMK se-Kota Ambon, parade musik gerejawi oleh 250 pendukung acara yang merupakan penyanyi kantoria dari seluruh gereja di Ambon.

Acara penutupan juga didukung perpaduan musik tradisional Maluku yakni tifa-totobuang dengan peniup terompet serta ratusan peniup suling bambu yang tergabung dalam Molucca Bambowind orkestra (MBO) pimpinan Reinhard Alfons dan dikolaborasi dengan musik beraliran Islam hadrat.

IMG_20151014_152207

Untuk Prestasi sebagai Juara Umum, Gubernur Maluku, Said Assagaff, menghadiahkan 20 peserta Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XI asal Provinsi ini ke Jerusalem pada 2016 sebagai ungkapan terima kasih meraih juara umum. Dua puluh orang ke Jerusalem itu diundi Karo Kesra Pemprov Maluku bagi 203 peserta Pesparawi asal daerah ini yang berlaga di 12 mata lomba.

IMG_20151014_152300

Be the first to comment on "TUAN RUMAH MALUKU MENJADI JUARA UMUM PESPARAWI XI AMBON"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*