TEMPAT WISATA KOTA AMBON MANISE DAN SEKITARNYA

GONG PERDAMAIAN AMBON

Kota Ambon yang sering dikenal dengan AMBON MANISE mempunyai beragam tempat wisata. Kota Ambon sendiri terletak di Pulau Ambon yang bila diperhatikan bentuk pulau tersebut seperti huruf “U” terbalik. Di Pulau Ambon terdapat satu Kota dan satu Kabupaten yaitu Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah. Walaupun Pulaunya  kecil bila dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Provinsi Maluku seperti Seram dan Buru namun banyak tempat wisata kota Ambon menjadi perhatian para wisatawan.

peta-pulau-ambonPeta Pulau Ambon

Tempat-tempat wisata kota Ambon lebih didominasi oleh wisata pantai, karena di Ambon terkenal dengan pantai pasir putih yang indah. Beberapa tempat wisata yang patut dikunjungi bila mangente ke Kota Ambon adalah :

1. Pantai Natsepa.

Pantai Natsepa merupakan pantai wisata nominasi pertama di Pulau Ambon yang sudah terkenal sampai ke Manca Negara. Keunikan pantai ini adalah mempunyai pasir putih yang cukup luas untuk menikmati sinar matahari dan bersantai. Pantainya yang landai memberikan peluang untuk anak-anak bisa bermain dan berenang walaupun harus tetap dalam pengawasan orang tua. Hal yang unik lagi di pantai Natsepa adalah Rujak Natsepa, yang dijual disepanjang jalan dalam kios-kios masyarakat setempat. Kalau mengunjungi pantai Natsepa jangan sampai tidak mencicipi rujak natsepa yang cita rasanya berbeda dengan tempat lain.

 

pantai-natsepaPantai Natsepa

rujak-natsepaPenjual Rujak Natsepa

2. Pantai Liang/Hunimua.

Pantai Liang/Hunimua terletak di kecamatan Salahutu, Kabupate Maluku Tengah. Pantai Indah dengan pepohonan yang rindang menciptakan suasana sejuk untuk para pengunjung. Pantai yang bersebelahan dengan Pelabuhan Ferry Hunimua, Dermaga yang menghubungkan Pulau Ambon dan Pulau Seram.

reuni-angk-90-faperta-pantai-liangReuni Angkatan 90 Fakultas Pertanian Unpatti di Pantai Liang

3. Pintu Kota.

Pintu Kota atau Gerbang Kota adalah sebuah objek wisata alam yang berada dipesisir selatan pulau Ambon, berada di antara desa Seri dan Air Low. Pintu Kota adalah sebuah batu raksasa dengan sebuah terowongan yang menembus batu pada bagian dasarnya. Pada saat air pasang sebagian besar dipenuhi air laut. Laut disini baik untuk snorkeling dan amat baik untuk scuba diving. Biasanya dikunjungi pada musim liburan atau week end. Apabila anda naik ke pintu kota anda dapat menikmati pemandangan lepas ke Laut Banda yang menawan.

 pintu-kota

pintu-kotaTempat Wisata Pintu Kota Beach

4. Pantai Namalatu.

Pantai Namalatu yang berhadapan dengan laut Banda terletak di Desa Latuhalat. Kata Namalatu berasal dari kata “Nama” dan “Latu” yang artinya Nama dan Raja. Pantai di Latuhalat terkenal dengan air lautnya yang bersih dan taman lautnya yang menawan, sehingga sangat cocok untuk berenang, memancing dan menyelam.

pantai-namalatu-latuhalat

pantai-namalatu-latuhalat-1Pantai Namalatu – Latuhalat

5. Morea Desa Waai

Hal yang unik di Desa Waai adalah hidupnya sekelompok morea dan ikan yang berdampingan dengan masyarakat. Mahluk-mahluk ini dengan tenang berenang diantara celah-celah kaki masyarakat yang sedang mandi dan mencuci pakaian. Masyarakat setempat menyebutkan morea-morea itu sebagai “tuan tanah” yang memiliki tempat tersebut. Morea-morea ini sering diberi makan oleh pengunjung dengan beberapa butir telur ayam yang dapat dibeli dari masyarakat setempat. Konon ada seekor morea besar yang memakai anting di telinganya dianggap sebagai raja dari morea-morea tersebut.

morea-waaiMorea di Desa Waai

6. Air Panas Hatuasa Tulehu.

Tempat wisata Air Panas Hatuasa Tulehu merupakan tempat yang patut dikunjungi, apa lagi untuk anda yang sudah lelah dan pegal-pegal mengadakan perjalanan wisata kesana kemari. Air panas Hatuasa Tulehu bisa dijadikan tempat alternatif untuk merenggangkan otot dengan mandi dan berendam di dalam bak pemandian air panas.

air-panas-hatuasa-tulehuObjek Wisata Air Panas Hatuasa – Tulehu

Desa Tulehu adalah suatu desa adat dan sekaligus Ibu Kota Kecamatan Salahutu yang dapat dijangkau dengan kendaraan dari Kota Ambon dengan jarak 25 km. Air panas Hatuasa Tulehu terletak 2 km dari terminal Tulehu. Objek wisata ini dikembangkan oleh penduduk setempat sejak tahun 1996 dan ramai dikunjungi baik pada hari-hari libur mapun hari biasa. Suhu air panasnya sekitar 50 – 80 derajat celcius yang konon dapat menyembuhkan penyakit rematik dan penyakit kulit.

 

7. Pantai Hukurila.

Tempat ini terletak di Desa Hukurila memakan waktu satu jam perjalanan dari Pusat Kota Ambon. Pantai indah di Kota Ambon dengan pemandangan gunung di sebelah kiri dan kapal-kapal nelayan di pesisir pantai.

pantai-hukurila

pantai-hukurila-3Pantai Hukurila

8. Pantai Lawena.

Pantai Lawena terletak di desa Hutumuri dari pusat Kota Ambon memakan waktu sekitar 45 menit dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dari Desa Passo. Selain itu dapat ditempuh melalui jalur kawasan pegunungan Kecamatan Leitimur Selatan. Pantai Pasir Putih dengan pepohon di sekitar pantai sangat cocok untuk bersantai dan berteduh. Para pelancong dapat menikmati perairan Lawena untuk menyelam sambil menikmati keindahan bawah laut dengan aneka jenis ikan maupun terumbu karang. Tersedia juga buah kelapa yang dapat dinikmati karena pohon kelapa tumbuh dalam jumlah besar di sekitar pantai Lawena.

pantai-lawenaPantai Lawena

9. Gong Perdamaian

Gong Perdamaian Dunia Kota Ambon, ialah gong perdamaian dunia yang ke-39. Gong ini berhadapan dengan Kantor Gubernur Maluku dan Lapangan Merdeka Ambon sebagai peringatan tragedi kerusuhan sosial berlatar belakang SARA yang terjadi di Maluku, khususnya kota Ambon.

gong-perdamaianGong Perdamaian Dunia Kota Ambon

10. Pattimura Park

Pattimura Park atau Taman Pattimura terletak di Lapangan Merdeka Ambon. Taman ini diselesaikan pembangunannya pada bulan Mei 2008. Di taman ini didirikan patung Pattimura untuk mengingat peran Thomas Matulessy (alias Kapitan Pattimura). Matulessy yang berasal dari desa Haria di pulau Saparua, memimpin pemberontakan terhadap pihak Belanda pada tahun 1817.

PATTIMURA PARKPatung Pattimura

peta-wisata-kota-ambonPeta Wisata Kota Ambon dan Sekitarnya

Untuk lebih lengkap dapat dilihat tempat-tempat wisata di Pulau Ambon :

  1. Pintu Kota
  2. Pantai Santai
  3. Pantai Collins
  4. Pantai Felawatu
  5. Pantai Namalatu
  6. Pantai Tanjung
  7. Pantai Toisapu
  8. Pantai Halong
  9. Pantai Naku
  10. Pantai Amahusu
  11. Darwin-Ambon Yahcht
  12. Pantai Pasir Putih Air Manis
  13. Pantai Tanjung Marthafons
  14. Pantai Lawena
  15. Pantai Larier
  16. Goa Leang Ekang
  17. Goa dan Pantai Hukurila
  18. Taman Laut Namalatu
  19. Taman Laut Air Louw
  20. Taman Laut Eri
  21. Taman Laut Latuhalat
  22. Taman Laut Amahusu
  23. Taman Laut Seri
  24. Taman Laut Hative Besar
  25. Taman Laut Wayame
  26. Wisata Bahari Pulau Ela
  27. Wisata Bahari Hila
  28. Taman Laut Pulau Pombo
  29. Wisata Bahari Tanjung Setan
  30. Wisata Bahari Tulehu
  31. Wisata Bahari Hukurila
  32. Gunung Nona
  33. Gunung Sirimau
  34. Benteng New Victoria
  35. Museum Siwalima
  36. Tugu/Monumen Trikora
  37. Tugu Perjuangan Pattimura
  38. Gong Perdamaian
  39. Monumen Perjuangan Christina Martha Tiahahu
  40. Tugu Dolan
  41. Batu Capeo
  42. Monumen Australia
  43. Makam Pahlawan Persemakmuran
  44. Monumen Rumphius
  45. Makam dan Gereja Joseph Kam
  46. Monumen Beringin
  47. Gereja Tua Hutumuri

Demikian sedikit penjelasan tentang tempat-tempat wisata di Kota ambon dan Sekitarnya yang sangat menarik untuk dilihat bila mangente ke kota Ambon Manise.

Artikel Terkait :

 

1 Comment on "TEMPAT WISATA KOTA AMBON MANISE DAN SEKITARNYA"

  1. Tanah Ambon memiliki beragam obyek wisata yang menarik kebudayaan yang sangat asri dengan suahsana yang kental dengan suahsana pedesaan yang asri. Pantainya juga keren dan indah.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*