PENGERTIAN HUTAN MENURUT PARA AHLI DAN UNDANG-UNDANG

hutan-tropis

Pengertian Hutan secara biofisik adalah sebuah wilayah yang ditumbuhi oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya dengan kerapatan tertentu sehingga terbentuk iklim setempat yang berbeda dengan sekitarnya. Hutan terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia, namun sekarang terus berkurang secara drastis. Hutan berfungsi sebagai penyimpan karbon dioksida (carbondioxide sink), habitat hewan, menjaga sistem hidrologi (penyimpanan air), konservasi tanah, dan fungsi-fungsi lainnya yang menentukan keberlangsungan bumi ini.

Hutan adalah suatu bentuk ekosistem yang tersebar di seluruh dunia. Hutan dapat ditemukan di daerah tropis, sub tropis maupun daerah beriklim dingin, Hutan terdapat di dataran rendah maupun di pegunungan, Hutan terdapat di pulau-pulau kecil maupun di dataran benua. Hutan yang didominasi oleh pepohonan yang merupakan tumbuhan berukuran besar dan tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun bahkan beratus tahun. Pohon-pohon yang mendominasi hutan mempunyai tajuk yang menyatu yang biasa disebut “Kanopi“.

PENGERTIAN-HUTAN

Para ahli beranggapan suatu kumpulan pepohonan dapat dikatakan “hutan” jika mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas setempat, yang berbeda daripada daerah di luarnya. Di dalam wilayah hutan hujan tropis kondisinya berbeda dengan daerah perladangan sekitarnya. Pemandangannya pun berbeda sehingga hutan tersebut mempunyai nilai estetika. Segala tumbuhan lain dan hewan (hingga yang paling kecil) di dalam hutan, serta beraneka unsur abiotik lainnya termasuk bagian-bagian penyusun yang tidak terpisahkan dari hutan. Inilah yang disebut Hutan sebagai suatu Ekosistem, yaitu salah satu komponennya tidak dapat dipisahkan dengan komponen yang lain.

Hutan sebagai suatu ekosistem tidak hanya menyimpan sumberdaya alam berupa kayu, tetapi masih banyak potensi non kayu yang dapat diambil manfaatnya oleh masyarakat melalui budidaya tanaman pertanian pada lahan hutan. Sebagai fungsi ekosistem hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, dan peran penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global. Sebagai fungsi penyedia air bagi kehidupan hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting, hal ini dikarenakan hutan adalah tempat bertumbuhnya berjuta tumbuhan.

Di Indonesia, hutan definisikan dalam Undang – Undang RI No. 41 Tahun 1999, Pasal 1 ayat 2 sebagai berikut: Hutan adalah kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. Sedangkan ayat 3 mengenai Kawasan Hutan didefinisikan sebagai berikut: Kawasan hutan adalah wilayah tertentu yang ditunjuk dan atau ditetapkan oleh pemerintah untuk dipertahankan keberadaannya sebagai hutan tetap.

 

bekas-tebangan-1

Jadi di dalam Kawasan Hutan belum tentu seluruhnya terdapat hutan, ada Kawasan Hutan yang mempunyai pohon-pohon yang jarang bahkan tidak terdapat pohon namun oleh pemerintah, wilayah tersebut tetap disebut “Kawasan Hutan”. Wilayah-wilayah di dalam kawasan hutan yang tidak mempunyai pepohonan bahkan tidak bervegetasi sering disebut lahan kritis. Lahan-lahan Kritis ini perlu direhabilitasi dengan menanam pohon-pohon yang sesuai dengan tempat tumbuhnya.

DEFINISI TENTANG HUTAN :

Be the first to comment on "PENGERTIAN HUTAN MENURUT PARA AHLI DAN UNDANG-UNDANG"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*