OBJEK WISATA PANTAI “PINTU KOTA BEACH” DI PULAU AMBON

Objek Wisata Pintu KotaObjek Wisata Pintu Kota

Objek Wisata Pantai Pintu Kota  atau yang dikenal juga dengan nama “Pintu Kota Beach” terletak di antara  Desa Airlouw dan Desa Seri (Bagian Selatan Pulau Ambon) Kecamatan Nusaniwe.

Pintu Kota atau Gerbang Kota  adalah sebuah objek wisata alam yang berada jazirah Leitimur di pesisir selatan pulau Ambon. Pintu Kota adalah sebuat batu karang raksasa dengan sebuah terowongan yang menembus batu pada bagian dasarnya.

Pantai disini berbatu namun mempunyai air laut yang jernih dan dapat menikmati pemandangan dan hembusan angin laut.

Objek Wisata Pintu Kota

Pada saat air pasang sebagian besar batu karang ini dipenuhi air laut. Laut yang bersih disini baik untuk snorkling  dan sangat baik untuk scuba diving karena mempunyai terumbu karang yang indah dan bermacam spesies ikan berwarna-warni.

Objek Wisata Pintu Kota

Apabila naik ke atas batu karang pintu kota maka akan terlihat dan menikmati pemandangan lepas ke laut banda. Laut yang terkenal mempunyai palung laut yang terdalam.

Objek Wisata Pintu Kota

Daya tarik utama dari objek wisata Pintu Kota adalah uniknya batu karang yang terjal berbentuk “gapura” yang indah. Tebing karang yang terjal berbentuk gapura ini seakan siap menyambut para tamu dan wisatawan.

Objek Wisata Pintu Kota

Pintu Kota merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Ambon dan sudah ada pengelolaan namun belum ditata dengan baik dan masih terlihat sampah-sampah. Pada lokasi ini terdapat beberapa penjual makanan yang juga menyediakan rujak. Tempat Wisata Pintu kota Beach ini biasanya dikunjungi pada saat liburan atau  pada akhir pekan.

Sarana Prasarana Objek Wisata di Pintu Kota

Akses ke Lokasi Pintu kota dapat ditempuh dari kota ambon dengan jarak  kurang lebih 17 km melalui jalan beraspal dapat dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat dalam waktu sekitar 45 menit. Kondisi jalan dalam keadaan baik sampai ke tempat tujuan.

Sinyal dari Layanan Telepon seluler sudah menjangkau daerah ini sehingga dapat berkomunikasi dengan mudah.

Objek Wisata Pintu Kota

Pengelolaannya dilakukan oleh Pemilik Tanah dan Gereja. Untuk masuk dilokasi wisata ini harus membayar karcis masuk sebesar : Rp. 2.000 /orang,  tetapi karena ada beberapa pengelola sehingga perlu membayar beberapa karcis untuk kedua lokasi.

karcis-pintu-kota-beach

karcis-pintu-kota-beach-1

 

Abrasi pantai menjadi permasalahan yang mendasar perlu mendapat perhatian khusus.

Objek Wisata Pintu Kota

Be the first to comment on "OBJEK WISATA PANTAI “PINTU KOTA BEACH” DI PULAU AMBON"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*