MENU MAKAN SELAMA BEKERJA DI DALAM HUTAN

menu makanan

Makanan merupakan kebutuhan primer dalam hidup manusia, untuk memberikan tenaga dalam tubuh dan menjaga kesehatan. Dalam kehidupan sesehari menu makanan harus tetap diperhatikan untuk memberikan asupan nutrisi kepada tubuh kita.

Pekerjaan di dalam hutan merupakan pekerjaan yang cukup melelahkan apa lagi bila menghadapi medan yang bergelombang dan curam. Pekerjaan-pekerjaan ini memerlukan tenaga ekstra. Sehabis bekerja badan terasa lemas, dan perut keroncongan harus diisi kembali.

Tinggal beberapa minggu di hutan harus membawa makanan yang bisa bertahan lama. Menu makanan seperti Mie instan, ikan kaleng, daging kaleng (Cornet). bahkan ikan asin dan ikan teri .. makanan yang tahan bila disimpan lama. Istilah keren di dalam hutan untuk ikan teri adalah “paku lima” karena bentuknya seperti paku 5 cm.. he he he …

Memang bila dilihat dari nutrisi yang terkandung sangat terbatas, tapi perlu mencari alternatif lain seperti ditambah dengan susu, minuman penambah energi, nutrisi dan vitamin-vitamin.

makan-nasi-mie-instan

Bayangkan saja kalau harus mencari desa terdekat untuk berbelanja kembali perjalanan yang ditempuh selama satu hari dan pulang balik satu hari jadi pulang balik memakan waktu 2 hari, sedangkan pekerjaan harus tetap dilaksanakan.

makan-di-hutan

Menu pagi sebelum berangkat adalah minum teh, kopi, kopi susu, sesuai selera ditambah olvatine atau coklat dengan biskuit. kemudian bisa dilanjutkan dengan nasi dan mie instan..

perbekalan-makanan-di-hutan

Menu makan siang adalah nasi, ikan asin, dan mie instan. Kalau makannya nanti di lokasi pekerjaan maka makanan-makanan ini harus dibungkus di dalam plastik atau rantang biar bisa makan saat berkerja. Kadang lokasi kerja dengan tenda bisa jauh kalau lokasi pekerjaan tidak tersedia sumber air untuk minum, masak dan mandi.

 

makan-di-hutan

Walapun Menu makanan yang sangat terbatas dan nampaknya kurang bergizi namun kalau dimakan disaat kelaparan maka akan tetap terasa nikmat.

Sepulang kerja sore hari perlu beristirahat sedikit dan disuguhi teh atau kopi, dan ditambah menu kacang hijau dan susu untuk mengembalikan tenaga.

Menu makan malam kembali ke “makanan wajib” lagi yaitu nasi putih, mie instan,  ikan asin. kalau ada telur lumayan bisa digoreng pasti lebih enak.

makan-nasi-mie-instan-1

Beruntung bila berkemah dekat dengan sungai bisa mencari udang, ikan mujair dan belut menambah menu makanan. Enaknya lagi bila sungai itu besar berarti dapat mandi dan berenang dengan sepuasnya.

 

survei-lingkungan-biogeofisik-kph-1

Tapi kalau banyak pekerjaan selesainya jam 6 sore, air sungai sudah terasa dingin. Waduh berarti sudah tidak bisa berenang lagi di sungai.

Demikian sedikit cerita tentang menu makanan selama tinggal dan bekerja di dalam hutan. Walaupun kadang membosankan menu seperti itu tetapi harus tetap dimakan agar tidak kelaparan.

Be the first to comment on "MENU MAKAN SELAMA BEKERJA DI DALAM HUTAN"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*