PROSPEK KERJA KULIAH DI JURUSAN KEHUTANAN UNPATTI AMBON

MAHASISWA-KEHUTANAN-4

Seringkali orang bertanya untuk apa masuk jurusan kehutanan, hutan-hutan sudah gundul. Tidak ada hutan lagi yang bisa diurusi.. mau kerja dimana??. Pertanyaan-pertanyaan ironis ini sering muncul membuat minat masuk jurusan kehutanan ditangguhkan. Padahal bila dicermati dengan baik, jika tidak ada hutan lagi.. justeru itu adalah pekerjaan untuk membuat hutan kembali. Berarti Prospek Kerja Jurusan Kehutanan masih terbuka lebar.

Untuk membuat hutan kembali orang harus mempelajari bagaimana hutan itu tumbuh dan terbentuk sehingga dengan pemahaman dan pengertian tentang hutan maka orang dapat membuat hutan dengan menanam pohon-pohon di areal yang kritis.

Indonesia dikenal dengan negara yang mengalami kerusakan hutan sangat parah di dunia. Ini merupakan tantangan untuk para rimbawan bagaimana menjaga, memelihara dan melestarikan hutan itu. Untuk menjaga memelihara hutan tentunya harus ada orang yang bisa memahami hutan dengan segala aspek di dalamnya.

MAHASISWA-KEHUTANAN-3Mahasiswa Jurusan Kehutanan Unpatti Angkatan 2012

Hutan yang dikenal sebagai paru-paru dunia memberikan sumbangan oksigen kepada manusia dan makhluk hidup lainnya untuk bernafas. Hutan sebagai penopang kehidupan orang banyak dan sumber mata pencaharian bagi yang menetap di dalam dan sekitar hutan.

MAHASISWA-KEHUTANAN-1Mahasiswa Jurusan Kehutanan Unpatti Angkatan 2012 dan 2014.

Dalam bidang kehutanan dipelajari berbagai aspek seperti : manajemen, teknologi, konservasi dan budidaya. Penjelasan secara sederhana aspek manajemen yaitu mempelajari bagaimana mengelola hutan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat namun tetap menjaga kelestariannya. Bidang teknologi mempelajari penerapan ilmu dan teknologi dalam bidang kehutanan misalnya mesin-mesin kehutanan, pemanfaatan hasil hutan yang lebih efesien dan efektif, dll. Untuk konservasi, yang dipelajari adalah cara memelihara hutan dan sumberdaya alam untuk kelangsungan hidup masa depan. Sedangkan bidang budidaya hutan mempelajari bagaimana regenerasi hutan itu terjadi dan usaha membuat hutan kembali dengan menanam pohon-pohon.

Ternyata masuk dan kuliah di Jurusan Kehutanan tidak seperti yang dibayangkan orang, kalau nantinya lulus tidak ada prospek untuk bekerja. Kuliah di Jurusan Kehutanan setelah lulus mempunyai peluang lapangan kerja yang luas dan berpeluang kerja dimana saja. Jangan lupa bahwa Presiden Indonesia yang ke-7, Bapak Joko Widodo (Jokowi) adalah orang lulusan Kehutanan bidang Teknologi Hutan. Sebelum menjadi presiden beliau adalah seorang pengusaha eksportir meubel yang sukses dari Kota Solo.

Banyak lulusan jurusan kehutanan yang kerja di dunia Perbankan baik itu Bank Swasta atau Bank Pemerintah. Ada juga lulusan kehutanan yang bisa menjadi politisi seperti anggota DPRD, salah satunya adalah Bpk Mody Sampe, lulusan Kehutanan Unpatti Tahun 1995 sukses menjadi anggota DPRD di Pohuwato. Provinsi. Gorontalo.

 

mody-sampeBpk. Mody Sampe dan Keluarga

Masih banyak profesi lain yang dapat digeluti oleh orang yang kuliah di Kehutanan. Perlu diketahui bahwa profil dan kompetensi lulusan Program Studi Kehutanan Unpatti adalah Manejer Usaha Kehutanan, Pelaku Usaha Kehutanan, Akademisi dan Pendidik, Perencana dan Pelaksana Program (Birokrat) dan Konsultan dan Peneliti Kehutanan. Di Provinsi Maluku sendiri, Jurusan Kehutanan Unpatti Ambon sudah melahirkan banyak birokrat yang menjadi pemimpin pada dinas-dinas kehutanan daerah. Kuliah di Jurusan Kehutanan Unpatti Ambon akan menjadikan orang-orang terbaik untuk bersaing mendapatkan lapangan pekerjaan.

Beberapa lulusan jurusan Kehutanan Unpatti, yang baru saja lulus tahun 2014 sudah dapat pekerjaan di KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) yang tersebar di wilayah Indonesia. Salah satunya adalah  Elishe Janet Lusikooy dengan nama di facebook Janet Eliz, sekarang ini telah berada pada KPHP (Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi) Keerom Unit XXIX. Provinsi Papua.

janet-elizElishe Janet Lusikooy dan Teman

  MAHASISWA-KEHUTANANMahasiswa Jurusan Kehutanan Unpatti Angkatan 2012 dan 2014.

Di jurusan Kehutanan Unpatti terdapat empat minat yaitu Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Konservasi Sumberdaya Alam dan Budidaya Hutan. Sekarang ini jumlah Dosen Jurusan Kehutanan Unpatti sebanyak 55 orang dengan 4 (empat) Guru Besar atau Profesor. Dosen-dosennya sangat bersahabat dan tidak killer, bergaul akrab dengan mahasiswa, apalagi ketika  masuk hutan melakukan proyek kegiatan bersama. Bila sudah di dalam hutan, dosen melihat mahasiswa sebagai sesama rekan kerja, saling menolong dan membantu bila menghadapi kesulitan.

mahasiswa-dosen-1mahasiswa-dosen-6Dosen dan Mahasiswa dalam Proyek Pembuatan Petak Ukur Permanen

Mahasiswa Jurusan Kehutanan Unpatti sejak di bangku kuliah sudah diperkenalkan dengan hutan dan alam. Biasanya pada akhir semester diadakan praktek gabungan beberapa matakuliah yang lokasinya berada langsung di dalam hutan. Disinilah mahasiswa tinggal dan menyatu dengan alam, membuat tenda untuk camping tidur di dalam hutan.  Sesudah melakukan praktek, mahasiswa juga dapat menikmati keindahan alam dan refreshing bersama teman-teman seperti memancing, berenang, dan aktivitas lainnya.

mahasiswa-dosen-4mahasiswa-dosen-3mahasiswa-dosen-5Praktek Mahasiswa dan Penanaman Pohon di Pulau Marsegu

mahasiswa-dosen-7Pengukuhan Anggota Baru Sylva Unpatti Ambon

mahasiswa-dosen-2Praktek Mahasiswa di Pantai Hukurila bersama Pak Yop. Hitipeuw

Di bawah ini video Mahasiswa Kehutanan Unpatti Ambon sedang santai menikmati suasana pantai setelah selesai Praktek di Hutan Pulau Marsegu. Kabupaten Seram Bagian Barat. Provinsi Maluku.

Demikianlah Prospek kerja Jurusan Kehutanan Unpatti Ambon yang tersebar di dalam Provinsi Maluku maupun di Indonesia. Jadi mau ikut SBMPTN pilih Program Studi KEHUTANAN Unpatti Ambon dengan nomor kode 931081…  ingat 931081… ya  betul  93 10 81 ….. 

7 Comments on "PROSPEK KERJA KULIAH DI JURUSAN KEHUTANAN UNPATTI AMBON"

  1. Proud to be the part of Forestry Unpatti :-) ,

  2. Nelly Wattimena | April 28, 2015 at 4:44 am | Reply

    Mau kuliah sambil praktek langsung di alam……ayo masuk Jurusan Kehutanan…….pokoknya asyik deeh…..

  3. jurusan kehutanan unpatti adalah jurusan yang sangat luar biasa.
    bisa saran sekiranya dalam web ini kemudian diperkenalkan ketua sylva dan aktivitas sylva biar siswa lebih tertarik bergabung.
    trimakasih

  4. Silvi Notanubun | June 18, 2015 at 2:38 pm | Reply

    Im forester and im proud☺

    #Salam Lestari #Sylva2011

  5. yusak norwens | July 18, 2015 at 6:27 am | Reply

    salam rimba
    #sylva 2012

  6. The future living depend on the forest.

  7. Syaiful rahman | November 5, 2015 at 9:07 pm | Reply

    Salam rimbawan !!!
    Saya dari aceh gimana kabar #Sylva disana?
    di aceh gerak terus niee…
    mudah2an disana juga sedemikian

Leave a comment

Your email address will not be published.


*