JUALAN LEMON KISAR DI PINGGIR JALAN KOTA AMBON

jual-jeruk-kisar-3

Jeruk Kisar atau di Ambon sering menyebutnya LEMON KISAR, banyak dijual di pinggiran jalan Kota Ambon bila tiba musimnya. Dari namanya saja, pasti sudah diketahui asalnya Jeruk ini yaitu Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Banyak pedagang yang datang dari Kisar langsung menjajakan buah-buahan ini pada trotoar yang tersebar di dalam Kota Ambon.

jual-jeruk-kisar

Jeruk Kisar rasanya manis, namun kulitnya sedikit tebal. Untuk mengkonsumsikannya sering dibelah dalam beberapa bagian, tanpa dikupas dulu kulitnya. Selain di Pulau Kisar, Lemon Kisar juga terdapat di Pulau Romang, Damer, dan Wetar. Namun, Jeruk yang dipanen dari Pulau Kisar rasanya lebih manis dan banyak airnya.  Orang kadang heran dengan adanya jeruk yang bisa tumbuh di daerah yang kering dan tandus ini, padahal jeruk biasanya tumbuh di daerah yang sejuk dan subur.

lemon-kisar

Di Pulau Kisar, hampir setiap keluarga memiliki tanaman jeruk. Tanaman ini tumbuh secara alami. Setelah jeruknya dimakan, bijinya dibuang di kebun atau di tanah sekitar rumah. Biji jeruk akan tumbuh secara alami sampai tanaman itu berbuah. Menanam jeruk kisar sangat mudah. Tidak perlu dipupuk dan disemprot anti hama. Yang dilakukan, paling hanya memangkas beberapa dahan kering dan mengganggu. Selebihnya tinggal menunggu berbuah dan panen.jeruk kisar Tanaman Jeruk Kisar berbunga pada bulan Januari – Februari. Sedangkan masa panen biasanya jatuh pada bulan Juli sampai Oktober  (Sigit Wahyu, 2013).

jual-jeruk-kisar-2

Menurut penelitian yang dilakukan Dinas Pertanian Maluku, setiap pohon jeruk kisar bisa menghasilkan buah sekitar 1.200 butir atau sekitar 250 kilogram. Biaya pemasaran jeruk kisar adalah semua biaya yang dikeluarkan dan berhubungan dengan pemasaran jeruk kisar hingga ke tangan konsumen. Proporsi biaya pemasaran mencapai 50 % dari penerimaan dan pengaruhnya sangat erat dan merupakan kendala terhadap proses pemasaran oleh petani jeruk kisar (Tuasunn, 2011). Jeruk Kisar asal Maluku Barat Daya (MBD) ini pada 1997 ditetapkan sebagai buah Standar Nasional Indonesia.

jual-jeruk-kisar-1

Daerah Kisar memiliki penghasilan pertanian yang cukup tinggi baik kacang-kacangan, buah-buahan, maupun hasil tani lainnya. Jagung merupakan hasil terbesar utama di pulau kisar dan merupakan makanan pokok dari masyarakat di pulau kisar. Selain itu lemon kisar merupakan hasil tani yang sangat terkenal  dan dijadikan sebagai oleh-oleh tangan bagi mereka yang berkunjung ke Pulau Kisar.

daerah-kisarLansekap Pulau Kisar dari atas bukit di Desa Oirata (Foto: Eddie Likumahua, 2015)

Pulau Kisar adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Wetar dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Kisar ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari pulau Timor Leste. Pulau kisar berada pada 8° 6′10″ Lintang Selatan dan 127° 8′36″ Bujur Timur. Luas wilayah mencapai 8.500 Ha.

Itulah salah satu jenis buah-buahan asal dari Maluku, yang rasanya tidak kalah dengan jeruk lain. Menjadikan Lemon Kisar sangat nikmat dikonsumsi sebagai sumber vitamin untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa kalau Mangente Ambon, harus singgah dulu beli Jeruk Kisar.

Be the first to comment on "JUALAN LEMON KISAR DI PINGGIR JALAN KOTA AMBON"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*