BLOK PERLINDUNGAN PADA KPHP WAE BUBI SERAM TIMUR PROVINSI MALUKU

EUCALYPTUS-DEGULPTA-2

Blok Perlindungan merupakan Blok yang difungsikan sebagai perlindungan tata air dan perlindungan lainnya serta direncanakan untuk tidak dimanfaatkan..

Adapun kriteria Blok Perlindungan ini adalah :

  • Termasuk dalam kriteria kawasan lindung;
  • Dalam RKTN/RKTP/RKTK dimungkinkan masuk dalam Kawasan untuk perlindungan Hutan Alam dan Lahan Gambut atau untuk kawasan rehabilitasi atau kawasan hutan untuk pengusahaan hutan skala besar atau kecil.

Berdasarkan hasil Penyusunan Tata Hutan KPHP Model Unit X Wae Bubi (2014) yang dilakukan melalui analisis spasial dengan mempertimbangkan faktor/parameter untuk penetapan Blok Perlindungan pada wilayah kelola KPHP Model Unit X Wae Bubi dengan fungsi Hutan Produksi Tetap (HP) diperoleh areal seluas ± 1.065,51 ha (1,75%) meliputi 11 (sebelas) petak pengelolaan. Blok Perlindungan ini mempunyai tujuan menjaga tata air dan melindungi spesies tertentu yaitu jenis Eucalyptus deglupta Blume.

pohon-eucalyptus-degulptaPohon Eucalyptus deglupta Blume menjulang tinggi

 

 Tabel. Petak-Petak Pada Blok Perlindungan di Hutan Produksi (HP)

No Petak Kawasan Luas (Ha)
1 HP-17 HP Blok Perlindungan 87.96
2 HP-27 HP Blok Perlindungan 82.38
3 HP-28 HP Blok Perlindungan 84.55
4 HP-29 HP Blok Perlindungan 87.47
5 HP-45 HP Blok Perlindungan 104.91
6 HP-58 HP Blok Perlindungan 82.88
7 HP-59 HP Blok Perlindungan 105.06
8 HP-6 HP Blok Perlindungan 91.37
9 HP-7 HP Blok Perlindungan 121.64
10 HP-8 HP Blok Perlindungan 95.64
11 HP-9 HP Blok Perlindungan 121.65
Jumlah 1,065.51

Sebaran Blok Perlindungan KPHP Model Wae Bubi berada di sempadan sungai Wae Bubi bertujuan untuk melindungi tata air dan habitat jenis pohon khas tepi sungai Seram Timur dengan nama setempat adalah “Pohon Kayu Loreng.

EUCALYPTUS-DEGULPTAPohon Eucalyptus deglupta Blume di KPHP Wae Bubi.

Pohon Kayu Loreng (Eucalyptus deglupta Blume) memiliki warna loreng-loreng hijau mengandung minyak Astiri pada bagian daun yang biasa dimanfaatkan pada industri obat-obatan, makanan dan kosmetik melalui proses pengolahan.

Eucalyptus deglupta Blume menyukai pinggir sungai yang tidak tergenang air dengan kelembaban tanah yang cukup. Jenis ini juga tumbuh di tanah liat berpasir, tanah yang cukup lembab, tetapi juga tumbuh di tanah vulkanik. Eucalyptus deglupta Blume juga tumbuh sebagai tegakan murni hingga ketinggian 1800 m dpl.

EUCALYPTUS-DEGULPTA-4

Pohon ini adalah satu-satunya spesies Eucalyptus yang ditemukan secara alami di belahan bumi utara. Penyebaran alaminya meliputi Britania Raya, Papua Nugini, Pulau Seram, Pulau Sulawesi dan Mindanao (Filipina).

Blok_KhususPeta Sebaran Blok Perlindungan di KPHP Model Wae Bubi

bekas-tebangan-1

Blok Perlindungan ini sebaiknya segera dilakukan penataan blok dan pemancangan batas-batas di lapangan agar tidak terjadi intervensi masyarakat terus-menerus yang menebang dan membuka wilayah hutan untuk berkebun. Di atas dan di bawah dapat dilihat gambar akibat penebangan yang dilakukan masyarakat ditambah musim kering yang berkepanjangan sehingga mengakibatkan kebakaran hutan yang meluas.

EUCALYPTUS-DEGULPTA-5Kerusakan Lahan dan Hutan yang terdapat jenis Eucalyptus degulpta

Terkait :

Be the first to comment on "BLOK PERLINDUNGAN PADA KPHP WAE BUBI SERAM TIMUR PROVINSI MALUKU"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*