AKSESIBILITAS DAN FASILITAS WISATA ALAM PULAU MARSEGU

FASILITAS-PULAU-MARSEGU

Aksesibilitas merupakan faktor penting untuk menunjang pengembangan pariwisata di suatu wilayah. Faktor ini perlu mendapat perhatian khusus agar wisatawan dapat mencapai daerah tujuan wisata dengan mudah, nyaman dan cepat. Aksesibilitas ke Wisata Alam Pulau Marsegu dari Kota Ambon sebagai Ibu Kota Provinsi dapat ditempuh melalui rute:

  • Ambon – Hunimua. (Jalur darat ± 32 km)
  • Hunimua – Waipirit / Pulau Seram ( Jalur laut / Ferry ± 20 km)
  • Waipirit – Piru – Pelita Jaya. (Jalur darat ± 56 km)
  • Pelita Jaya – Pulau Marsegu. (Jalur laut  ± 5 km )

Perjalanan ke Wisata Alam Pulau Marsegu dari Pelita Jaya dapat melewati Pulau Osi karena sudah terdapat jembatan yang panjangnya 630 meter dan 80 meter, menghubungkan Pelita Jaya dan Pulau Osi.

akses-fasilitas-pulau-marsegu_clip_image002Jembatan Pulau Osi – Pelita Jaya

Selain faktor aksesibilitas, faktor lain yang diperlukan untuk pengembangan pariwisata adalah sarana dan prasarana yang tersedia untuk wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Marsegu sampai saat ini adalah :

a. Jembatan Jembatan yang ada di pulau ini dibuat pada tahun 2010 dengan panjang kurang lebih 30 m dan lebar 2 m. Konstruksi jembatan dari kayu dan dilengkapi pagar sebagai penghalang untuk pengunjung yang ingin bersantai. Jembatan ini dapat dimanfaatkan juga oleh Kapal Motor ukuran kecil untuk bersandar menurunkan penumpang.

akses-fasilitas-pulau-marsegu_clip_image006     Jembatan Pulau Marsegu

akses-fasilitas-pulau-marsegu_clip_image010akses-fasilitas-pulau-marsegu_clip_image008Jembatan yang dapat dipergunakan untuk kapal motor merapat

  b. Rumah Wisata (Cotage) Rumah Wisata juga dibangun oleh pemerintah daerah Seram Bagian Barat yang berjumlah 6 buah, namun pembangunannya tidak rampung karena tersangkut kasus korupsi (Kompas, 31 Maret 2011). Walaupun rumah-rumah ini tidak rampung namun masih tetap dapat dimanfaatkan untuk tempat menginap dan istirahat bila berkunjung ke Wisata Alam Pulau Marsegu. Selain itu terdapat pos jaga yang seharusnya dipergunakan Petugas yang berwewenang untuk menjaga keberadaan Taman Wisata Alam Laut Pulau Marsegu.

 akses-fasilitas-pulau-marsegu_clip_image012akses-fasilitas-pulau-marsegu_clip_image014Rumah Wisata dan Pos Jaga

Selain itu di daerah ini sudah terdapat jaringan TELKOMSEL untuk telepon seluler walaupun hanya sebatas SMS dan Panggilan Telepon. Untuk akses internet masih lambat dan perlu waktu yang lama untuk browsing sesuatu konten.

Be the first to comment on "AKSESIBILITAS DAN FASILITAS WISATA ALAM PULAU MARSEGU"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*